Kabupaten Ciamis, analisaglobal.com — Sebuah aksi protes dilakukan warga Pasar Banjarsari, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, selasa (23/9/2020).

Mereka meluapkan kekesalan dengan menggelar aksi menaburkan serta menangkap ikan di sekitar Jalan yang tergenang air, akibat guyuran hujan yang terjadi sejak semalam.

Hal tersebut didasari buruknya akses Jalan, yang ada di sekitar Blok Pasar tersebut, serta tertutupnya saluran pembuangan air (Draenase) pasca selesainya pembangunan pekerjaan Hotmix beberapa hari lalu.

Sementara wilayah Pasar yang baru selesai dibangun yaitu meliputi Blok Pasar A, C, D, E, serta F, dan Tinggal menyisakan Jalan, menuju Pasar Domba, sepanjang 30 Meter, serta Jalan Selasar antara Blok G, dan PKL.

Salah seorang Pedagang Kaki Lima disekitar lokasi, Baup mengungkapkan bahwa aksi menaburkan serta menangkap ikan tersebut, karena para Pedagang Pasar merasa kecewa dan kesal dengan akses jalan yang digenagani air.

“Jika musim hujan, air tersebut masuk ke Lingkungan Pedagang, jika dilewati pengendara yang melintas, percikan airnya pun sampai ke lapak kami,” ujarnya

Dia berharap, Pemda agar segera memperbaikinya dengan membuatkan saluran air serta di lakukan pengaspalan.

“Kalau dibiar begitu saja, omset kami akan menurun bahkan bisa saja mengalami kerugian. Tentunya pembeli akan enggan berbelanja dengan kondisi seperti itu, “ucapnya.

Aksi protes pedagang pasar Banjarsari Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis. Selasa (23/09/20)***Foto Dokumen (U2s)

Sementara Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Pendagangan ( KUKMP ) Kabupaten Ciamis melalui Kepala Bidang ( Kabid ) Pasar dan Perdagangan langsung terjun meninjau lokasi tersebut.

“Ya, kami datang kesini lantaran ada laporan bahwa pedagang pasar Banjarsari mengeluhkan jalan yang digenangi air hujan, ” ujar Kabid Pasar dan Perdagangan, Tri Suritno.

Tri mengatakan, permasalahan yang terjadi tentunya akan segera diselesaikan secepatnya.

“Kami akan segera mengatasi genangan air ini dengan mengaktifkan kembali saluran airnya. Supaya pedagang maupun pembeli merasa nyaman, ” janjinya.

Dikesempatan itu Tri mengucapkan terimakasih atas kritik serta saran nya yang diberikan kepada Dinas KUKMP.

“Terimakasih kritik dan saran nya yang telah diberikan kepada dan kami akan jadi kan evaluasi. Kami juga mohon bantuannya agar ikut memberi saran dan pendapatnya'” ujarnya***U2s

Leave a Reply