Ketua Komisi IV DPR RI Bersama Bupati Lampung Selatan Panen Raya Padi dan Bagi-Bagi Bantuan

Ketua Komisi IV DPR RI Bersama Bupati Lampung Selatan

Lampung Selatan, analisaglobal.com — Ketua Komisi IV DPR RI Sudin bersama Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto, hari ini melakukan panen raya padi di Dusun Sukagenah, Desa Sukapura, Kecamatan Sragi, Rabu (17/5/2023).

Selain panen bersama, Ketua Komisi IV DPR RI juga turut menyerahkan bantuan berupa 1 unit Vertikal Driyer dan 7 unit Hand Traktor. Sementara itu, Bupati Lampung Selatan menyerahkan bantuan 4 unit Cultivator.

Kunjungan kerja Sudin kali ini bertujuan untuk memastikan kelancaran proses panen serta mengidentifikasi potensi dan tantangan dalam mencapai kemandirian pangan nasional.

Panen Raya Padi dan Bagi-Bagi Bantuan

Dalam kunjungan tersebut, Sudin juga nampak berdiskusi langsung dengan petani, pengusaha pertanian, dan pihak terkait lainnya.

Sudin menyampaikan apresiasi terhadap kerja keras petani dalam mencapai hasil panen yang baik meskipun dihadapkan pada tantangan seperti perubahan iklim dan kekurangan pasokan air.

Sudin menjelaskan mengenai pentingnya keberlanjutan pertanian dan meningkatkan kualitas hasil panen. Dia menggarisbawahi perlunya adopsi teknologi pertanian modern serta pendekatan yang berkelanjutan dalam memastikan pertanian yang lebih produktif dan efisien.

Baca Juga Tiba Di Tanah Air, Timnas Indonesia U-22 Akan Diarak Mulai Dari GBK Menuju Bundaran HI

“Kita lihat lagi contohnya, disini sangat kekurangan combine. Bahkan bisa nyewa sampai ke Banten, atau Sumatera Selatan. Alhamdulillah Lampung Selatan ini surplus, padinya banyak sekali karena lahan sawahnya cukup luas. Oleh karenanya saya minta kalau panen itu gabahnya jangan dijual semua,” kata Sudin.

Tak hanya itu, Sudin juga menyoroti pentingnya pembangunan infrastruktur pertanian. Seperti irigasi yang memadai dan sistem penyimpanan hasil panen yang modern. Ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan membantu petani menghadapi tantangan iklim dan bencana alam.

“Kalau ada gapoktan ingin membuat embung, segera diajukan. Sekarang untuk penampungan air ngak seperti dulu, bawahnya dikasih alas. Jadi waktu digunakan untuk menyiram tanaman airnya tetap ada. Saya berharap dimana tempat yang bisa dibuat embung ajukan segera. Karena mustahil kalau ngak ada air bisa bertani, pasti zonk,” ujar Sudin.

Sementara itu, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto juga menyampaikan komitmennya untuk memperjuangkan lahan-lahan pertanian di Kabupaten Lampung Selatan. Dengan demikian diharapkan ketahanan pangan di daerah bisa terus terjaga.

Disamping itu, Nanang juga sangat berterimakasih kepada Ketua Komisi IV DPR RI beserta Kementerian Pertanian yang telah konsisten mendukung sektor pertanian di Kabupaten Lampung Selatan guna ketahanan pangan yang berkelanjutan.

“Kita konsisten untuk menjaga supaya lahan persawahan tidak berkurang. Ini petani harus nabung, hasil panen jangan dijual semua. Ini dijaga, bagaimana pentingnya menjaga ketahanan pangan untuk keluarga kita. Kalau kita nabung insyaallah kita bisa menjaga untuk kebutuhan kita sehari-hari,” kata Nanang. (Red)

sumber : Dishubkominfo Lamsel

Baca Juga Polres Banjar Polda Jabar, Gelar Operasi Bina Kusuma, Personel Sampaikan Imbauan

About analisaglobal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *