Kabupaten Pangandaran, analisaglobal.com — Program P3-TGAI merupakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja irigasi desa guna kesejahteraan petani dan peningkatan ekonomi masyarakat desa Tunggilis serta berkontribusi untuk ketahanan pangan, dalam rangka mendukung program Kementerian Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air.

Bergulirnya dengan program pelaksanaan percepatan Taata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) yang dilaksanakan kelompok P3A Saluran Irigasi Tunggilis Desa Tunggilis, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran sudah masuk tahap finishing. Selasa (13/10/2020).

Samsu – Ketua kelompok P3A kedung makmur tunggilis. Selasa (13/10/20) Foto Dokumen (A. Baron)

Menurut Samsu Ketua kelompok P3A Kedung Makmur mengatakan, Dari awal pelaksanaan kami dari kelompok tani selalu berkoordinasi dengan dinas dan juga dengan pendamping dari balai besar wilayah sungai Citanduy (BBWS), karena kami ingin semua berjalan dengan baik dan semaksimal mungkin serta kami mengikuti aturan yang ada agar tidak terjadi hal-hal yang kurang atau pun tidak sesuai karena pembangunan irigasi tersier ini untuk masyarakat dan kami sendiri serta masyarakat yang melaksanakan pembangunan, jadi kami tidak main- main dalam pekerjaan irigasi ini. Ucapnya

“Secara teknis kami selalu mengikuti rancangan gambar yang di berikan oleh dinas agar selalu menjadi panduan secara teknisnya namun terkadang terkendala dengan tekstur tanah yang labil atau pun terkendala dengan cuaca hujan yang lagi musim saat ini, tapi secara teknis dilapangan kami bekerja dengan baik agar di kemudian hari kami dapat bantuan kembali untuk desa kami ini.” Paparnya.

Dengan selesainya pembangunan irigasi P3-TGAI tersebut walau banyak terkendala situasi cuaca hujan tapi ini juga Alhamdulillah bisa selesai.”pungkasnya ***A. Baron

Leave a Reply