Perangkat Desa se-Kecamatan Manonjaya Mendapat Pelatihan Kinerja Desa

Perangkat Desa se-Kecamatan Manonjaya

Kabupaten Tasikmalaya, analisaglobal.com — Pemerintahan Kecamatan Manonjaya gelar pelatihan dan bembinaan Aparatur Desa untuk 10 Desa yang berada diwilayah Kecamatan Manonjaya yang dilaksanakan di Aula SMKN Manonjaya. Sabtu (26/11/22).

Turut hadir dalam kegiatan ini antara lain, Camat Manonjaya Tatang Wahyudin, SP. MP, narasumber dari Inspektorat Kabupaten Tasikmalaya Irpan Muhamad Ramadhan SH. MA, kapolsek Manonjaya AKP Endang Wijaya S.Os, Danramil Manonjaya kapten Arm Ahmidinsyah, para Kepala Desa serta para aparatur Desa yang ada di Kecamatan Manonjaya.

Kamal Armartawi selaku panitia penyelenggara menjelaskan, dalam rangka pembinaan aparatur Desa dengan tujuan menyamakan persepsi bagaimana mengelola Desa yang baik, sedangkan yang mengikuti kegiatan tersebut 10 Desa yang berada di wilayah Kecamatan Manonjaya.

Mendapat Pelatihan Kinerja Desa

“Untuk materi yang disampaikan dalam kegiatan tersebut kurang lebih ada 5 materi yaitu, dari inspektorat membahas tentang pengawasan, dari DPMD tentang tupoksi perangkat Desa, Sekdes, Kepala Desa, dari tenaga ahli Kementrian Desa terkait (SDGS) Signight Sustainable Development Goals karena itu menjadi icon Desa, sehingga Desa sekarang sudah mempunyai data sendiri dari semua hal SDGS, dan mempunyai data Kependudukan, kemiskinan, ekonomi, kesehatan sehingga nantinya setiap tahun datanya di perbarui.” Jelasnya.

Baca Juga SMPN 1 Manonjaya Laksanakan Upacara Peringatan HUT PGRI Ke-77

Kamal juga menambahkan, misalnya ada berapa yang meninggal itu di signight. materi dari Camat Manonjaya terkait barang dan jasa, sering kali di Desa mendapat kesulitan karena konturnya berbeda agar tidak salah maka dikasih pemahaman, dari kepolisian yang dimandatkan oleh Kapolsek Manonjaya terkait kurang lebih tentang pengamanan yang baik, dan terakhir wawasan kebangsaan. Imbuhnya

“Saya berharap mudah-mudahan kedepannya kerja di Desa juknisnya jelas apa tugas sekdes selain koordinator Desa punya bawahan seperti, Kaur, Kasi pemerintahan, Kesra, keuangan dan lain-lain, itu mempunyai tugas masing-masing, kenapa disatukan disini biar ada rasa saling, agar tidak sepihak, dan kenapa dibarengkan dengsn desa lain supaya satu sama lain saling memgingatkan sehingga, baik dari Desa lain menjadi pembelajaran untuk kita, karena untuk ekonomi pemyelamatan hasanah lokal tidak bisa dilakukan oleh negara tetapi bisa dilakukan oleh Desa.” Harapnya

Irpan Muhammad Ramadhan dari Inspektorat Kabupaten Tasikmalaya selaku Auditor menjelaskan, dalam rangka pelatihan dan pembinaan ini biar aparat Desa khususnya yang ada diwilayah Kecamatan Manonjaya bisa lebih meningkatkan kembali kapasitasnya sehingga dalam pelaksanaan tugasnya bisa maksimal dengan pemahaman yang lebih bagus dengan tupoksinya, mudah-mudahan bisa maksimal lagi hasil kerjanya. Jelasnya.

“Saya berharap untuk kedepannya memang bagus kegiatan seperti ini, tetapi dengan kondisi jaman seperti ini belajar tidak hanya di fasilitasi seperti ini, kegiatan ini bagus karena dengan kita bertemu bisa ngobrol antar steak holder, memang suasananya berbeda antara kita belajar mandiri walaupun belajar tidak dibatasi dengan harus pelatihan-pelatihan formal seperti ini, peran media sangat penting mensosialisasikan kegiatan kepada masyarakat bahwa kita pemerintah berusaha untuk hadir dalam setiap link kehidupan masyarakat untuk apa yang kita mampu dan terbaik untuk masyarakat salah satunya dengan peningkatan kapasitas ini.” Harapnya. (Biro Kab. Tasikmalaya)

Baca Juga TNI-Polri Bersinergi Laksanakan Kerja Bakti di Masjid Al Baeli Desa Linggajati Kecamatan Sukaratu

About analisaglobal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *