Kabupaten Ciamis, analisaglobal.com — Hari bersih-bersih sedunia, yang dikenal dengan sebutan World Clean Up Day (WCD). World Clean Up Day merupakan gerakan sosial terbesar di dunia yang menggerakkan masyarakat di beberapa negara untuk membersihkan planet bumi dari sampah.

Berkenaan dengan peringatan acara tersebut, Forum KONCI (Komunitas Citanduy Lestari), Camat Kawali, Pemdes Winduraja, Pokdarwis Ciamis Utara serta masyarakat, menggelar bersih-bersih di aliran sungai Cimuntur yang berlokasi di Desa Winduraja, Kecamatan Kawali, Kab. Ciamis, Sabtu, 18 September 2021.

Dengan adanya kegiatan seperti ini kami sangat apresiasi, karena masih banyak masyarakat yang belum sadar dengan kebersihan. Terkadang masih belum paham, padahal lingkungan bersih itu untuk kepentingan kita bersama. Mereka masih banyak buang sampah tidak pada tempatnya, mudah-mudahan dengan acara seperti ini bisa memberikan edukasi dan motivasi bagi masyarakat.

“Kita bisa membersihkan sungai dari sampah untuk kehidupan masyarakat, dengan kegiatan peringatan World Clean Up Day (WCD) ini dapat memberikan edukasi. Masyarakat untuk tidak buang sampah sembarangan sehingga kegiatan seperti ini bisa memberikan yang terbaik buat mereka”, ucap Ciceu, yang mewakili Kabid OP 1, BBWS Banjar, Jabar.

Sementara itu, Camat Kawali, Iyan Heryana menyampaikan rasa syukur nya dengan diadakannya kegiatan World Clean Up Day di Kecamatan Kawali. Ada beberapa titik kegiatan seperti ini, pagi harinya bertempat di Astana Gede dan selanjutnya di Warkojeb (Warung Kolong Jembatan) yang tepatnya di pinggir sungai Cimuntur. Alhamdulillah peserta yang hadir di sini ada dari Koordinator Forum Konci, ada Jurig Cai, Pedal Gas, Relawan Cadas, Pokdarwis Kab. Ciamis dan seluruh komunitas peduli sungai wilayah utara.

“Alhamdulillah kegembiraan bagi kita semua yang menjadi bagian terlibat langsung pada aksi World Clean Up Day 2021 di Kecamatan Kawali”, ujarnya.

Sebagai koordinator sungai wilayah hulu sekaligus juga Kabid Kebudayaan dan Pembinaan Pokdarwis Kab. Ciamis, Atus mengatakan kegiatan bersih-bersih yang berkenaan dengan peringatan World Clean Up Day 2021 yang di laksanakan di KPS Cimuntur berjalan lancar dan sukses. Setiap KPS dimulai dari hulu hingga hilir yang tergabung di Forum Konci dan di hadiri banyak komunitas dan warga sangat antusias demi lancarnya acara ini.

“Sampah merupakan masalah yang sudah kritis dan membahayakan sekali, terutama sampah plastik yang hancurnya itu bisa mencapai 500 tahun. Bayangkan saja kurun waktu 500 tahun, dengan membuang sampah plastik sembarangan bisa menyebabkan kemadzaratan bagi generasi penerusnya selama 500 tahun”, pungkasnya.

Jurnalis : A.Yayat/A. Suryana

Leave a Reply