Kabupaten Ciamis, analisaglobal.com — Puncak Aki Kabayan akan menjadi destinasi baru wisata alam di Kabupaten Ciamis. Berada di lokasi ketinggian Desa Sanding Taman, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis. Di destinasi wisata ini tidak hanya menyuguhkan keindahan alam tapi juga cocok untuk wisata edukasi. Selasa (07/09/21).

Lokasi yang berdekatan dengan wisata Curug 7 Cibolang, di puncak Aki Kabayan wisatawan nantinya akan dimanjakan hijaunya pohon pinus yang berdiri tegak layaknya seperti wisata di Lembang.

Tidak hanya itu, pengunjung pun nantinya akan disuguhkan pemandangan indahnya Gunung Ceremai di Kabupaten Kuningan. Dari ketinggian di Puncak Aki Kabayan akan terlihat jelas, ke sebelah timur terlihat keindahan daerah kota Ciamis.

Pesona matahari terbit (sunrise) akan tersaji indah dan menjadi daya tarik di lokasi Puncak Aki Kabayan.

Saat ini Puncak Aki Kabayan masih dalam penataan yang dilakukan warga setempat guna memanjakan pengunjung nantinya. Sehingga pengunjung akan betah dan ingin berlama-lama di wisata Aki Kabayan.

Menurut Iwan selaku ketua penggiat wisata Puncak Aki Kabayan mengatakan, kami disini ingin melestarikan alam yang sudah menyajikan keindahannya. Sehingga kami disini membuat konsep wisata alam dengan tidak merusak/merubah kultur alam sendiri.

Iwan ketua penggiat wisata Puncak Aki Kabayan Sandingtaman Panjalu Ciamis. Selasa (07/09/2021). Foto Dok : Goez/Yat

“Dengan menata secara rapi berikut melestarikan yang ada di alam, sehingga meskipun lokasinya berada di wilayah Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA)”, katanya.

Kedepannya disini bukan hanya menyajikan wisata alam, konsep yang kami kembangkan akan menyajikan wisata edukasi. Karena disini terdapat lahan pertanian yang memiliki tanah subur, sehingga sangat cocok untuk dikembangkan wisata edukasi.

“Konsep wisata edukasi disini, nantinya pengunjung bisa tanam tanaman sayuran, padi dan memberi pakan pada ternak. Bahkan pengunjung pun akan menikmati sayuran dan buah dengan petik sendiri”, jelasnya.

Selain itu juga kami sajikan kopi khas gunung sawal dengan nama kopi Ki Kabayan. Sehingga pengunjung akan menikmati nikmatnya kopi Ki Kabayan bersama keindahan alam Puncak Aki Kabayan.

“Kopi khas Ki Kabayan ini berjenis arabika sehingga sangat cocok untuk lidah kita di iklim tropis”, ungkapnya.

Jurnalis : A.Yayat/A.Suryana

Leave a Reply