Kabupaten Ciamis, analisaglobal.com — Dalam rangka membantu masyarakat yang terdampak Covid-19, Pemerintahan Desa Mekarjadi, Kecamatan Sadananya terus menerus laksanakan sosialisasi, pemberian bantuan dan yang lainnya.

Adapun anggaran yang digunakan melalui anggaran PPKM yang bersumber dari Dana Desa sebesar 8%. Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai bentuk perhatian dari Pemerintah guna membantu masyarakat yang terdampak Covid 19.

“Selain memberikan bantuan, pihak pemerintah melaksanakan sosialisasi dan edukasi terkait pencegahan dan memutus penyebaran covid 19 di wilayah Desa Mekarjadi,” ujar Kades Mekarjadi, H. Dindin Hardi, S.Pd, M.Pd, Senin (16/8/2021).

Selanjutnya H. Dindin Hardi jjuga menjelaskan terkait pelaksanaan kegiatan diantaranya:

– Melaksanakan Tracking kepada yang terpapar oleh (Tim Tracking).
– Pelacakan kontak erat kepada pasien positif Covid-19 bersama yaitu ;
A. Satgas Covid-19 (Trasser).
B. Babinsa.
C. Babhinkamtibmas.
D. Tim Medis dari Puskesmas .

– Memberikan pengarahan kepada yg terpapar Covid-19.
– Pelaksanaan Isoman (Isolasi Mandiri).
– Pelaksanaan Isoter (Isolasi terpusat).
– Memberikan pengarahan tentang Isoter (Isolasi terpusat ) yang tempatnya di sekolah SMPN Sadananya. Bersedia atau tidaknya pasien Covid-19 apabila di Isolater (Isolasi terpusat) harus menandatangani berita acara atau Surat Pernyataan yang dibuat di Puskesmas.
– Penyerahan sembako bagi pelaksanaan Isoman (Isolasi Mandiri) dan adanya hasil SWAB VCR.
– Melaksanakan piket di tempat Isoter
– Mengadakan woro’woro, mengadakan penyemprotan dan mengadakan operasi masker.
– Membangun posko Desa dan melaksanakan piketnya.
– Menyediakan Handsanitizer, Thermoghoun, APD, tempat cuci tangan, Sabun cuci tangan dan Tisue.
– Biaya penguburan/pembelian APD
– Mengarahkan kepada masyarakat untuk melaksanakan kegiatan sosial bagi warga yang terpapar Covid-19 agar bisa membantu dan memberikan semangat kepada warga tersebut.

“Saya berharap dengan kegiatan yang dilaksanakan bisa membantu program Pemerintah dalam memutus penyebaran Covid-19 di masyarakat,” harapnya.

Disamping itu juga kami dari Pemerintah Desa Mekarjadi menghimbau kepada masyarakat agar tidak kendor mematuhi prokes, sehingga kita semua bisa keluar dari pandemi Covid-19 dan hidup normal seperti sedia kala. Jelasnya.

Sementara itu, ditempat berbeda salah seorang warga RT. 26, Dusun Sedekan mengungkapkan ucapan terima kasihnya kepada Pemerintah Desa beserta jajarannya yang telah memberikan dukungan, do’a dan bantuan sembako.

“Bukan hanya itu, saya juga ucapkan terimakasih kepada warga sekitar dan Kepala Wilayah yang tidak bosan-bosan nya memberikan support dan dukungan kepada keluarga saya,” pungkasnya.

Jurnalis : A.Yayat/A. Suryana

Leave a Reply