Kabupaten Tasikmalaya, analisaglobal.com — Jembatan Cirahong yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Ciamis sempat viral di media sosial karena kayu yang sudah berserakan dan ditakutkan akan mengakibatkan kecelakaan bagi para pengendara yang melewatinya.

Jembatan ini mulai dibangun pada tahun 1893 dan memiliki 2 fungsi, di atas jembatan merupakan jalur rel kereta api sedangkan di bawah di gunakan jalur kendaraan baik roda 2 maupun roda 4, akan tetapi kini jembatan tersebut sudah rapuh dimakan usia.

Dari Informasi yang beredar dan terpampang di Spanduk bahwa Jembatan Cirahong mulai tanggal 01- 30 Juli 2021 akan ada penutupan sementara dan ditutup total di karenakan akan ada perbaikan jembatan. Sehingga masyarakat untuk sementara bisa melalui jalur Sindangkasih atau Cimaragas yang akan menuju ke daerah Tasikmalaya atau sebaliknya ke daerah Ciamis.

Dengan akan adanya perbaikan Jembatan Cirahong masyarakat sangat merespon baik dan disambut dengan antusias meskipun untuk sementara waktu harus memutar arah dulu. Jembatan Cirahong adalah jalan alternatif penghubung antara dua kabupaten, yaitu kabupaten Tasikmalaya dan kabupaten Ciamis.

Adapun yang sangat berperan di dalam perbaikan Jembatan Cirahong yaitu PT. KAI (Kereta Api Indonesia) serta dinas – dinas terkait lainnya baik di wilayah Pemkab Tasikmalaya ataupun Pemkab Ciamis, karena Jembatan tersebut adalah penghubung 2 kabupaten.

Menurut Edi (38) selaku penjaga atau petugas di Jembatan Cirahong mengatakan, dengan adanya himbauan dari PT. KAI pada hari ini Senin (28/06/2021), untuk masyarakat yang selalu melintasi Jembatan Cirahong untuk sebulan ke depan akan di tutup total, di karenakan besi penyanggah kayu sudah rapuh dan takutnya nanti akan mengakibatkan kecelakaan bagi pengendara yang lewat. Ucapnya

“Perbaikan ini sudah ke 2 kalinya, mudah – mudahan semuanya berjalan lancar dan bisa dilewati dengan nyaman setelah perbaikan nantinya.” tandasnya***Heni/Ani

Leave a Reply