Kabupaten Tasikmalaya, analisaglobal.com — Dalam rangka mewujudkan lingkungan yang sehat untuk masyarakat, pemerintah desa Karangmulya Kecamatan Jamanis Kabupaten Tasikmalaya mendirikan rumah pengelolaan sampah untuk menampung serta memilah limbah sampah yang ada di wilayah Desa Karangmulya.

Rumah pengelolaan sampah tersebut bertempat di Kp. Sangiang Teras RT 001/01 Desa Karangmulya Kecamatan Jamanis Kabupaten Tasikmalaya yang dikelola oleh warga masyarakat melalui para pemuda mesjid yang tergabung dalam komunitas HIPSI (Himpunan Pemuda Sirojul Falah).

Itang Solehudin Selaku pengelola rumah Sampah dari HIPSI (Himpunan Pemuda Sirojul Falah) Desa Karangmulya – Jamanis – Tasikmalaya. Sabtu (26/06/2021).

Menurut Itang Solehudin (30) selaku pengelola rumah Sampah dari HIPSI (Himpunan Pemuda Sirojul Falah) desa karangmulya menjelaskan kalau rumah sampah tersebut berdiri sejak 3 bulan yang lalu dan berlokasi di wilayah RW 01 kepunduhan sangiang teras Desa Karangmulya serta dalam seminggu dilakukan 1 kali penarikan sampah dan langsung dilakukan pembakaran. Jelasnya. Sabtu (26/06/2021).

Itang Solehudin juga menambahkan kalau hasil dari pemilahan sampah tersebut dijual ke BSI (Bank Sampah Indonesia) serta untuk sisa pembakaran dijadikan pupuk lalu dijual kepada warga. Imbuhnya.

Itang Solehudin juga berharap supaya masyarakat lebih sadar atau faham akan kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan. harapnya.

Ditempat yang sama menurut Wahyudi Hartono selaku kepala desa Karangmulya mengungkapkan kalau awal mula pembahasan sampah sudah dari 3 tahun lalu dan awalnya hanya sebagai Tempat Pembuangan Akhir (TPA) akan tetapi setelah adanya pembinaan dari BSI atau PPLH wilayah utara, alhamdulillah para pemuda mendapat kajian ilmu tentang sampah. Ungkapnya

“Alhamdulillah sekarang sudah menjadi rumah sampah yang dikelola para pemuda dan sudah berjalan selama 3 bulan”. Ujarnya

Wahyudi Hartono – Kepala Desa Karangmulya – Kecamatan Jamanis – Kabupaten Tasikmalaya. Sabtu (26/06/2021).

Wahyudi Hartono juga menerangkan, awal mula pembukaan rumah sampah tersebut ada perhatian dari pihak dinas terkait akan tetapi sampai sekarang tidak pernah mendapatkan bantuan apapun dan hanya mengandalkan swadaya. terangnya

“Saya berharap pihak dinas terkait yaitu DLH Kabupaten Tasikmalaya bisa lebih memperhatikan rumah pengolahan sampah ini dan memberikan bantuan seperti CATOR (Motor Roda Tiga) untuk kelancaran pengelolaan sampah di wilayah Desa Karangmulya. Dan pihak Pemdes pun siap membantu melancarkan rumah sampah ini demi mewujudkan Desa yang bersih dan sehat untuk masyarakat, sehingga di setiap kewilayahan yang ada di desa Karangmulya memiliki rumah pengolahan sampah”.Pungkas Kepala Desa Karangmulya Wahyudi Hartono.***UWA

Leave a Reply