Kabupaten Tasikmalaya, analisaglobal.com – Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto menghadiri acara Panen Perdana Cabai dan penyerahan alat mesin pertanian (alsintan) di Desa Tanjungkarang Kecamatan Cigalontang, Kamis (29/07/2021).

Acara tersebut dihadiri pula Ketua TP PKK Kab. Tasikmalaya Ai Diantani Sugianto, perwakilan SKPD, unsur Forkopimcam Cigalontang, penyuluh pertanian, petani di wilayah Cigalontang, dan undangan lainnya.

Bupati Ade sampaikan ucapkan terima kasih dan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Pihaknya bersyukur dan kebahagiaan luar biasa bisa bersilaturahmi dan melihat hasil-hasil pertanian.

“Pertanian menyumbang kontribusi yang bagus untuk perekonomian Kab. Tasikmalaya. Visi saya adalah pertanian, pariwisata, dan perkebunan yang semakin maju dan berkembang,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Plt. Kepala Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan (Disperpakan) Nuraedidin mengungkapkan bahwa budidaya sesuai standar teknis yang telah ditentukan, melakukan penerapan teknologi pasca panen sesuai perkembangan zaman, dan melaksanakan pengolahan dan pemasaran hasil secara maksimal. “Diperlukan sumber daya manusia yang pintar, cerdas, dan kreatif dan diperlukan kerjasama yang baik dari semua stakeholder yang berkontribusi pada pengolahan pertanian di kab. Tasikmalaya,” katanya.

Sementara itu, Bupati menginginkan dapat terbangun masyarakat kab Tasikmalaya yang semakin baik dan semakin maju dari sektor pertanian. Untuk itu pihaknya menegaskan agar instansi terkait untuk dapat membuat program yang rasional dan benar-benar dibutuhkan masyarakat.

“Tidak boleh ada program-program yang proyek minded di bidang pertanian. Adakan program yang memang dibutuhkan rakyat, adakan bibit yang dibutuhkan rakyat, adakan pupuk yang memang rakyat butuh, kalau rakyat tidak butuh tidak perlu di programkan. Saya ingin program yang rasional,” tegas Bupati Ade di hadapan peserta kegiatan.***UWA

Leave a Reply