Kabupaten Ciamis, analisaglobal.com — Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya menghadiri pelantikan Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (FORKI) Cabang Ciamis di Gedung KONI Ciamis, Selasa (22/6/2021).

Dalam acara pelantikan FORKI Periode 2021-2022 tersebut, Herdiat menegaskan targetnya pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2022 mendatang. Ia mentargetkan Ciamis masuk 10 besar pada perhelatan akbar level provinsi tersebut.

“Ciamis harus masuk di peringkat 10 besar di Jabar. Ini tidak main-main karena prestasi porda tahun lalu di posisi 23 dari 27 Kabupaten/kota. Kita harus lebih naik pada kompetisi olahraga terbesar di Jabar ini,” katanya.

Herdiat menjelaskan, target 10 besar tersebut dilihat dari potensi atlet-atlet dari semua cabor yang ada di Ciamis.

“Kita memiliki potensi baik olahraga perorangan maupun tim. Tidak sedikit atlet Ciamis memiliki potensi baik regional maupun nasional,” jelasnya.

Ia pun menerangkan, pada pelaksanaan Porprov 2022 nanti Ciamis akan menjadi tuan rumah untuk 9 cabang olahraga (Cabor).

“Terlepas main di kandang atau tandang, hal itu tetap sama main di manapun. Kita harus lebih semangat demi Ciamis, ulah kumeok saméméh dipacok (jangan takut sebelum bertanding),” terang Herdiat.

Menurut Herdiat, prestasi olahraga bisa dipandang sebagai barometer maju mundurnya daerah.

“Prestasi olahraga bisa dijadikan barometer maju mundurnya sebuah daerah. Oleh karena itu saya mengharapkan kesungguhan dan kebersamaan dalam meraih prestasi.

Olahraga apapun tidak bisa diraih dengan mudah, harus terprogram, terencana dan terukur.  Karena skill, stamina merupakan hasil dari intensitas latihan.

“Semangat terus, kita harus memiliki visi yang baik. Dengan semangat kebersamaan kita bisa meraih target,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua FORKI Ciamis, Hendra Marcusi pun menargetkan pada cabor karate untuk meraih 3 medali.

“Kita pada cabor karate di Porprov 2022 menargetkan meraih 3 medali, salah satunya medali emas,” ucapnya.

Hendra mengajak kepengurusan FORKI agar bekerja keras, meskipun kondisi pandemi yang berakibat anggaran serba sulit.

“Kita akan melakukan latihan intens di Ciamis untuk mempersiapkan para atlet.  Semoga dengan 17 kelas yang akan diperebutkan di karate kita 3 medali,” pungkasnya.***A.Yayat/Goez

Leave a Reply