Wisata Budaya, Jangan Lupa Telusuri Kampung Budaya Sindangbarang Bogor

Kabupaten Bogor, analisaglobal.com — Wisata di Bogor tak hanya tentang Puncak atau Kebun Raya. Di Kota Hujan tersebut juga ada wisata budaya yang tak kalah menarik dan seru yaitu Kampung Budaya Sindangbarang.

Desa wisata budaya ini sangat layak dijadikan pilihan tujuan rekreasi. Selain bisa menambah pengetahuan dan kecintaan akan budaya, juga karena secara lokasi sangat mudah dijangkau.

Hanya sekitar 5 km dari Kota Bogor, lokasi Kampung Budaya Sindangbarang tersebut persisnya berada di Jalan Endang Sumawijaya, Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Sindangbarang, Kabupaten Bogor.

Destinasi ini adalah suatu kawasan permukiman adat yang dipercaya sebagai kampung tertua di wilayah Bogor. Bahkan menurut pantun setempat, Kampung Sindangbarang sudah ada sejak zaman Kerajaan Sunda sekitar abad ke-12.

Di kampung ini juga dipercaya terdapat kerajaan bernama Sindangbarang dengan ibukota Kutabarang. Disana pula, kebudayaan Sunda Bogor bermula dan berkembang seperti budaya Upacara Adat Seren Taun”, kata pendiri dan penanggungjawab, Ustadz Suryadi Jaya Manggala, Sabtu (19/3/2022).

Hal pertama yang akan langsung menarik perhatian ketika berada di desa wisata ini adalah jajaran rumah adatnya yang sangat khas. Lokasi ini ibarat ikon yang wajib dikunjungi bagi wisatawan yang datang ke kampung ini.

Bagian awal yang akan dijumpai adalah rumah besar yang biasa digunakan untuk tempat berkumpul dan bermusyawarah warga yang dinamai Imah Gede.

Ia menjelaskan, di bagian lain, ada rumah-rumah lain yang lebih kecil yang digunakan sebagai tempat menyimpan hasil panen atau lumbung padi milik warga setempat. Di tempat yang sama, ada juga rumah yang digunakan untuk menginap para tamu kehormatan yang datang.

Tak hanya itu, terdapat pula bangunan yang menyediakan berbagai peralatan musik, tari, hingga permainan tradisional. Disini pengunjung bisa belajar menari atau bermain gamelan, angklung, dan alat musik tradisional yang dipandu langsung oleh gurunya.

“Pada waktu-waktu khusus juga diadakan pementasan seni seperti Jaipongan yang siap menghibur pengunjung”, terangnya.

Selain kegiatan seni, ada juga praktek kegiatan kebudayaan warga seperti Numbuk Padi, Nandur, hingga memandikan Kerbau. Tak ketinggalan, pengunjung yang datang rombongan juga bisa mengikuti permainan tradisional.

Alat dan perlengkapan lain sudah disiapkan termasuk pemandu yang akan mengajarkan dan menjelaskan cara bermainnya.

Kegiatan atraktif ini biasanya dilakukan jika pengunjung memesan paket wisata khusus.***Endi Suhendi

About analisaglobal

Leave a Reply

Your email address will not be published.