Kabupaten Tasikmalaya, analisaglobal.com, – Seiring berjalannya jaman modern seperti sekarang ini atau yang lebih dikenal sebagai era digital seperti sekarang ini memang sarana komunikasi sangat lah perlu untuk kebutuhan informasi. apalagi untuk daerah terpencil yang jauh dari keramaian, namun terkadang signal telekomunikasi jadi kendala karena kondisi daerah yang sangat jauh dan mengakibatkan komunikasi terhambat.

Hal tersebut sangat dirasakan penduduk atau warga Parakan kawung dan Dusun Zakria Desa Kawungsari Kecamatan Salawu Kabupaten Tasikmalaya yang tidak tersentuh signal telekomunikasi seluler sehingga sulit berkomunikasi dengan pemerintah setempat serta dengan warga lainnya. Meskipun demikian, masyarakat tetap bisa berkomunikasi dengan menggunakan HT( Handy Talky) atau dengan kata lain bopeng.

Jaringan selular di Desa Kawungsari memang tidak merata, meskipun kantor Desa sudah terpasang Wifi akan tetapi jangkauannya sangat terbatas jadi Dengan adanya HT masyarakat dapat berkomunikasi dengan lancar dan menyampaikan seluruh informasi kepada warga lainnya.

Tata selaku Kepala Desa Kawungsari menjelaskan kalau masyarakatnya memang menggunakan HT untuk berkomunikasi dan menyampaikan informasi dan itu menjadi idola Baru bagi sebagian warga karena sangat membantu. kamis 22/07/2021.

Sementara Opik selaku Kasie Kesra yang saat itu di dampingi Salah seorang kawil menuturkan bahwa di situasi covid-19 saat ini kami sangat terbantu karena Informasi PPKM bisa sampai ke pos PPKM Kecamatan, selain itu bisa untuk Tukar informasi situasi di setiap wilayah di Desa Kawungsari dan sekarang berjalan normal setelah mereka menggunakan HT. tutur Opik

Jurnalis : Yos Muhyar

Leave a Reply