Menjalin Tali Silaturahmi, Warga Puspahiang Tasikmalaya Laksanakan Hajat Lembur “NYAWEN”

Kabupaten Tasikmalaya, analisaglobal.com, – Warga masyarakat Kampung Cikupa Rt.04 Rw 02 Desa Pusparahayu Kecamatan Puspahiang Kabupaten Tasikmalaya, melaksanakan NYAWEN (Hajat Lembur) dengan maksud dan tujuan untuk mempererat tali silaturahmi gotong royong dimasyarakat, ngaguar ngamumule seni buhun budaya sunda tentang tatakrama sesama mahluk hidup dan alam sekitarnya,” Minggu (14/11/2021)

Rahmat Nugraha selaku kepala desa menjelaskan Kegiatan hajat lembur nyawen tersebut rutin dilaksanakan setiap tahun sebagai rasa syukur terhadap tuhan yang maha esa. Dimana segala nikmat yang telah diberikan kepada kita yang patut kita syukuri dan kegiatan nyawen tersebut sebagai edukasi kepada generasi muda.

“Makna dari kegiatan hajat lembur ini, agar dapat mewarisi dan meneruskan para leluhurnya agar terus dipertahankan karena ini merupakan salah satu tradisi kearifan lokal sekaligus menumbuh kembangkan masyarakat untuk lebih mencintai dan menghargai budaya sendiri.” jelasnya.

Kegiatan hajat lembur Nyawen tersebut menyuguhkan seni budaya buhun sunda asli dari kampung cikupa desa pusparahayu yaitu pencak silat, seni rudat, seni gondang, seni karinding, terbang sajak, terbang batok itu penuh filosopi pesan kahuripan karahayuan dari leluhur budaya sunda yang ada di kampung cikupa, acara hajat lembur ini dihadiri pula oleh pihak kecamatan dan sangat mengapresiasi kegiatan tersebut supaya tetap dilestarikan.

Adapun Arti NYAWEN yaitu ngabeungkeut, ngahijikeun ngaguar di budaya-budaya leluhur dengan tujuan utama terkait tatakrama sesama mahluk hidup dan gotong royong, Alhamdulillah antusias masyarakat sangat mengapresiasi dan ikut terlibat tanpa pamrih mereka sadar agar untuk menjaga melestarikan warisan budaya leluhur.

Kita sebagai generasi di era milenial ini jangan sampai budaya leluhur kita tergerus terlindas oleh budaya asing. Karena kalau kita sudah bisa menghargai mencintai, menjaga dan melestarikan budaya leluhur kita itu akan menjadi suatu pondasi dalam kehidupan,” pungkas Rahmat.***Day

About analisaglobal

Leave a Reply

Your email address will not be published.