Pererat Silaturahmi Antar Paguron, DPW PPSI Jabar Konsolidasi Bersama Pengurus DPD PPSI Ciamis Dan Kota Banjar

Kabupaten Ciamis, analisaglobal.com — Pererat silaturahmi antar Paguron Pencak Silat, DPW PPSI Jawa Barat melakukan konsolidasi dengan pengurus DPD PPSI Kabupaten Ciamis bertempat di Padepokan Purbawisesa, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Rabu malam (26/01/2022).

Acara tersebut juga dihadiri oleh DPD PPSI Kota Banjar, Ketua PPSBPS Priangan Timur, Pimpinan Padepokan Purbawisesa, BP2D Ciamis dan juga perwakilan dari Paguron Paguyuban Kawat.

Galih Santika selaku ketua DPW PPSI Jawa Barat menyampaikan semakin banyaknya paguron yang hidup di Kabupaten Ciamis, Insya Allah akan menghidupkan kembali seni Pencak Silat di Kabupaten Ciamis.

“Untuk mendata paguron-paguron yang ada di setiap Kecamatan, maka melalui pengurus DPD PPSI nantinya akan membentuk PPSI tingkat Kecamatan”, tandasnya

Ia juga menyarankan, paguron-paguron pencak silat yang ada di Kabupaten Ciamis sebaiknya bergabung dengan PPSI terutama yang masih mempertahankan seni beladiri pencak.

“Kenapa harus bergabung? Karena PPSI adalah wadah untuk kita semua”, ujar Galih Santika kepada wartawan analisaglobal.com di Padepokan Purbawisesa.

Sementara itu, Iman Purba selaku ketua DPD PPSI Kabupaten Ciamis periode 2022-2026 berharap, penyelenggaraan pasanggiri yang ada di wilayah Kabupaten Ciamis harus mengikuti aturan yang ada di PPSI Ciamis.

“Semua yang mencintai seni Pencak Silat untuk menempuh dulu prosedur yang ada di lingkungan setempat”, imbuhnya.

Lebih lanjut, Iman menjelaskan PPSI Ciamis akan mendorong dan memajukan serta berpatisipasi dalam penyelenggaraan pasanggiri. PPSI Kabupaten Ciamis pun memiliki program, apalagi kalau misalnya masyarakat yang mencintai menyelenggarakan justru akan terbantu.

“Untuk paguron yang ada di Kabupaten Ciamis yang belum terdaftar nanti bisa dipenuhi di pengurus DPC. Apalagi sudah ada intruksi dari Bupati untuk menggali semua potensi desa oleh tingkat Kecamatan”, jelasnya

“Sekarang baru 43 yang sudah terdaftar mewakili dari Selatannya, Timur, Barat dan Utara untuk pembentukan”, terangnya

Iman meyakini, semua paguron yang ada di Kabupaten Ciamis adalah satu tonggak sejarah PPSI Ciamis itu dibentuk. Bangkitnya PPSI ini adalah bangkitnya seni tradisi serta membentuk karakter generasi bangsa.

Bukan hanya seni dan budaya silat tetapi meyakinkan bahwa dalam perjuangan leluhur kita, PPSI Ciamis juga ikut membantu perjuangan bersama Kodam Siliwangi.

“Di Ciamis sendiri sampai saat ini sudah tercatat sebanyak 300 paguron terbanyak se-Jawa Barat”, tambahnya

Budaya itu bukan hanya mempererat tali silaturahmi antar warga bangsa tetapi memperkuat kokoh bangsa.

“Dibawah akarnya sudah kuat maka akan mendorong kedepannya”, pungkas Iman Purba.***A.Yayat/A.Suryana

About analisaglobal

Leave a Reply

Your email address will not be published.